Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dan lain-lain.

Operator Sekolah sudah pasti tidak bisa dipisahkan jauh-jauh dari perangkat komputer. Saat ini hampir semua kegiatan administrasi dan pendataan di sekolah selalu berhubungan dengan penggunaan komputer sebagai sarana untuk mengumpulkan, mengolah dan berbagi data. Jadi singkatnya Operator Sekolah sudah pasti harus bisa mengoperasikan komputer.

Adakalanya komputer atau laptop yang kita pakai memerlukan install ulang system atau ingin mencoba system yang terbaru. Mungkin yang akan kita lakukan adalah membawa laptop kita kepada jasa instalasi laptop. Namun sebenarnya kita dapat melakukan instalasi windows di rumah.

Bagaimana dengan Notebook ? Bukankah Notebook tidak dibekali dengan DVD-Room untuk instalasi ?

RUFUS, aplikasi utility kecil yang dapat membantu untuk menjadikan Flasdisk kita agar dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan install ulang system windows pada laptop/komputer kita.

RUFUS adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dan lain-lain. Beberapa kegunaan Rufus adalah :
  • Membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dll.)
  • Bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal
  • Membuat flash BIOS atau firmware lain dari DOS
  • Menjalankan utilitas tingkat-rendah
Membuat flasdisk kita menjadi bootable sangat mudah dilakukan dengan Rufus, di situs resminya dikatakan bahwa Rufus sekitar dua kali lebih cepat dibanding UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool, dalam membuat media instalasi USB Windows 7 dari sebuah ISO. Rufus juga sedikit lebih cepat dalam membuat USB bootable Linux dari berkas ISO.

Tidak memiliki file ISO ? Kita dapat membuat file ISO dari DVD Instalasi Windows yang kita miliki. Yang akan saya bahas di postingan selanjutnya.

RUFUS dapat berjalan pada Windows XP atau yang lebih baru, 32 atau 64 bit tidak masalah. Setelah diunduh, aplikasi ini tidak perlu di install dan siap digunakan.

Mudah bukan ???





Nah, bagi yang ingin mencoba membuat USB Flas menjadi bootabla bisa unduh aplikasinya dari link di bawah ini :
Share To:
Magpress

Arsip Operator Sekolah

Catatan Harian Seorang OPS Tentang Info Pendidikan, Pendataan, Administrasi dan Pembelajaran di Sekolah. Terima Kasih atas kunjungannya... Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan..

0 comments so far,add yours

Terima Kasih atas kunjungannya...
Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan.